Minggu, 06 Mei 2012

MENJAGA SIKAP DALAM PERGAULAN


MENJAGA SIKAP DALAM PERGAULAN
Sikap adalah sesuatu yang abstrak yang dapat langsung dilihat/dirasakan oleh orang lain melalui interaksi. Melalui sikap itu juga oranglain akan lebih mudah menilai isi hati kita dengan cara melihat sikap kita. Oleh karena itu, perbaikilah sikap kita, agar kita dapat mencapai pergaulan yang lebih baik, sehingga sikap kita akan dihargai, dicintai, yang akan memperindah proses interaksi kita dengan yang lain. Dan otomatis oranglain pun akan menerima kita bahkan bisa jadi akan menjadikan sikap kita sebagai acuan bagi dirinya.
Pergaulan yang baik adalah pergaulan dari hati ke hati yang penuh dengan keikhlasan, menjunjung tinggi arti silaturrahim dan menjadikan siapapun sebagai saudara yang selalu siap membantu. Walaupun asalnya bukan saudara, tapi selalu dilihat dari segi saudaranya, orang yang beda daerah dianggap saudara dari segi agama (jika seagama). Orang yang beda agama dilihat saudara sedaerah. Semakin kita melihat jalan persaudaraan akan semakin kuat silaturrahim kita. Dan otomatis akan berbuah pergaulan yang baik.
Berikut tip agar kita dapat diterima oleh oranglain dengan baik.
a. aku bukan beban bagimu.
Tancapkan dalam diri bahwa selagi apapun yang masih bisa dilakukan sendiri aku tidak akan membebani orang lain, walaupun akhirnya aku benar-benar membutuhkan bantuan orang lain aku akan membalas kebaikannya dengan apapun yang aku bisa.
b. aku menyenangkan untukmu
orang yang selalu senantiasa tersenyum tulus, riang, akan membuat oranglain senang jika ada didekat nya. itu merupakan suatu anugerah bagi kita jika sudah dirindukan oleh oranglain, oleh karena itu, tancapkan dalam hati walaupun ada masalah apapun aku kan senantiasa selalu menyenangkan/membuat oranglain senang dekat dengan kita. Bukan nya cemberut atau keluh kesah tanpa ada maksud yang akan membuat oranglain bingung dengan sikap kita. Konsistenlah untuk selalu tersenyum, riang, dengan ikhlas, karena membuat oranglain senang sebenarnya suatu nilai yang dapat menguntungkan diri kita sendiri.
c. aku berguna untukmu
senang membantu orang lain yang sedang kesulitan atau membutuhkan pertolongannya. merupakan suatu sikap yang sangat baik,  bahkan akan terasa indah jika didasari pada keikhlasan, orang yang selalu membantu orang yang membutuhkan bantuannya Allah pun akan membantunya dari setiap masalah, dengan hal itu tancapkan pada diri, bahwa saya anti menolak membantu orang lain yang membutuhkan.
Ya memang begitu banyak hal yang harus kita perhatikan untuk memperbaiki sikap kita, penulis pun hanya bisa sedikit menggambarkan, karena sikap penulis pun belum tentu lebih baik dari pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda untuk memberi saran dan masukan bagi saya. Terima Kasih.